Apakah itu Photography ??


Buat sahabat keceh yang baru mulai belajar photography tidak ada salahnya untuk mengetahui dasar-dasar dari photography tersebut, apa arti dari photography, apa esensinya, dan lain sebagainya. Nah kali ini akan saya rangkum beberapa pengertian dasar dari photography itu sendiri dari berbagai sumber, oke mari kita mulai yah.

Secara sederhana Wikipedia menyebutkan Photography adalah sebuah seni lukis atau proses melukis dengan menggunakan media cahaya. Kemudian dalam Kamus Bahasa Indonesia, arti fotografi adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film. 

Kalau berdasarkan pengertian dari para ahli dapat kita lihat sebagai berikut :
“Photography is more than a medium for factual communication of ideas. It is a creative art.” (Ansel Adams)
“To me, photography is an art of observation. It’s about finding something interesting in an ordinary place.. I’ve found it has little to do with the things you see and everything to do with the way you see them.” (Elliott Erwitt)
Fotografi berasal dari kata foto dan grafi yang masing-masing kata tersebut mempunyai arti sebagai berikut: foto artinya cahaya dan grafi artinya menulis jadi arti fotografi secara keseluruhan adalah menulis dengan bantuan cahaya, atau lebih dikenal dengan menggambar dengan bantuan cahaya atau merekam gambar melalui media kamera dengan bantuan cahaya.” (Amir Hamzah Sulaeman)
dari beberapa pengertian diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa fotografi adalah sebuah seni yang menggunakan sebuah media yakni kamera dan dengan bantuan cahaya (lighting). Prinsip dari photography adalah memfokuskan cahaya agar dengan cara pembiasan sehingga dapat diterima oleh media penerima cahaya tersebut dan menghasilkan sebuah gambar.

Hasil dari perekaman cahaya tersebut akan menghasilkan sebuah gambar yang dapat dikelompokan menjadi beberapa aliran yang nanti kita akan bahas pada artikel selanjutnya yakni mengenai Jenis-jenis aliran dalam Photography


Nah, sudah paham kah sahabat keceh tentang apa itu photography? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lagi Naik Daun

Diberdayakan oleh Blogger.